Rabu, 27 November 2013

iOS Jailbreak

iOS jailbreaking, atau yang biasa disingkat jailbreaking adalah proses menghilangkan batasan yang diberlakukan oleh Apple pada perangkat genggam dengan sistem operasi iOS, yakni iPhone, iPod Touch, iPad dan Apple TV generasi ke-2. Jailbreaking akan membuat sang pengguna bisa mendapatkan akses penuh (atau root access) terhadap sistem operasi, yang darinya pengguna iOS itu bisa mengunduh perangkat lunak, baik yang bajakan ataupun yang orisinil namun tidak tersedia di Apple App Store.


Jailbreak menyebabkan garansi si pengguna produk Apple menjadi hilang. Jailbreaking juga menambahkan installer aplikasi tidak resmi ke perangkat IOS Anda, seperti Cydia, yang memungkinkan Anda men-download banyak pihak ke-3 aplikasi, tweak, dan ekstensi yang tidak tersedia melalui App Store. Paket-paket ini membuka kemungkinan tak terbatas untuk melakukan hal-hal pada perangkat IOS anda dimana perangkat non-Jailbroken IOS tidak akan pernah mampu melakukannya.

Jaibreak memiliki manfaat agar iDevice yang kita miliki memiliki kemampuan untuk menginstal aplikasi pihak ketiga dan tweaks dimana Apple tidak memperbolehkannya atau tidak tersedia di App Store. Ada banyak aplikasi yang tidak memenuhi standar Apple dan melakukan hal-hal yang Apple tidak ingin anda lakukan pada perangkat iOS dengan alasan-alasan tertentu yang mereka sudah tentukan.

Sebagai contoh, Apple tidak memungkinkan anda untuk memodifikasi iPhone dengan mengubah ikon dari aplikasi atau user interface utama perangkat anda. Berkat komunitas jailbreak-ers, ada beberapa cara untuk benar-benar mengubah tampilan pada iPhone anda, Winterboard menjadi menjadi tweak paling populer untuk contoh yang kami berikan ini.  Selain aplikasi, jailbreaking juga memberikan Anda akses ke tweak, mods, dan ekstensi, itu semua tidak sepenuhnya dianggap sebagai aplikasi, mereka hanya sebuah cara untuk membawa perbaikan halus bagi perangkat iOS beroperasi. 

Demikian penjelasan dari saya yang saya buat berdasarkan hasil dari karya-karya orang lain yang kemudian saya rangkum dan saya tampilkan di blog ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar