Kamis, 14 November 2013

Analisis BBM pada Android

Kabar gembira buat anda yang memiliki Gadget dan Smartphone berbasis sistem Operasi Android. Disebutkan bahwa pada 2012 Research In Motion (RIM) akan mendukung platform Android. Diantaranya adalah memberikan kemampuan untuk memakai aplikasi Blackberry Messenger pada HP Android. Beberapa screenshot sudah beredar saat ini tentang bentuk penampakan dari BBM For Android tersebut. 
 
 
Walau menurut techcrunch aplikasi yang beredar adalah Blackberry Messenger For Android Beta version, (versi Beta 0.4.5.234) namun terlihat jelas bahwa Aplikasi BBM ini sudah mampu berjalan baik pada smartphone Android. Sementara itu Techradar menyebutkan bahwa RIM akan segera meluncurkan versi resmi alias BBM For Android 1.0 di akhir tahun 2012 ini. Langkah ini diambil oleh Blackberry, setelah melihat bahwa perkembangan gadget dan sistem operasi Android merupakan salah satu lahan yang bagus untuk menyebarkan kedasyatan BBM. 
 
Jadi bagi para pengguna Android, tidak lama lagi bakal bisa BBM-an sama pengguna Blackberry tanpa perlu punya HP BB. Yang penting, sabar saja sampai akhir tahun 2011 atau mungkin awal 2012 agar bisa men - Download BBM For Android apk. Setelah peluncuran aplikasi untuk Android ini, RIM juga berencana akan segera meluncurkan BBM For iOS (gadget dan smartphone Apple, seperti iPad, iPod dan iPhone) Penasaran pengen liat screenshot applikasi BBM For Android ??? Ini dia : BBM For Android - Blackberry Messangerfor Android Apk Download Update Seperti di rilis oleh Mashable dan Teknoup, ternyata BBM for Android sangat mungkin tidak akan pernah hadir secara resmi, karena pada acara BlackBerry DevCon 2011 di San Francisco, disebutkan bahwa BBM hanya ditunjukkan platform Blackberry. Jadi yang disebut sebagai BBM for Android adalah Runtime BlackBerry untuk aplikasi Android. Pada acara tersebut, 2 petinggi Research In Motion, Alec Saunders dan Chris Smith menyangkal rumor akan hadirnya BlackBerry Messenger di platform lain. 
Setelah akhirnya suda dapat diunduh dari Google Play, ada masalah lain yang bersangkutan dengan aplikasi BBM lintas platform ini: BBM tidak dapat digunakan pada tablet Android. Meskipun para pengguna tablet Android bisa mengunduh dan menginstal aplikasi ini pada tablet mereka, namun para pengguna tablet Android mengalami kendala saat akan menjalankan aplikasi ini.
bbm-android_1
Meski sudah ada penjelasan resmi dari pihak Blackberry yang diwakili oleh Kepala Portfolio Perangkat Lunak Blackberry pada bulan Mei yang lalu bahwa aplikasi BBM yang dikembangkan Blackberry hanya diperuntukkan bagi smartphone saja, hal ini masih menjadi tanda tanya bagi beberapa pengguna aplikasi BBM. Beberapa pihak berspekulasi bahwa masalah ini jugalah yang mungkin menjadi penyebab berhentinya produksi Blackberry PlayBook.

Beberapa pengguna mungkin telah mencoba beberapa trik supaya bisa menjalankan aplikasi BBM for Android ini pada tablet mereka dengan mentransfer aplikasi ini dari perangkat smartphone mereka ke perangkat tablet. Namun tampaknya trik ini bukanlah yang solusi yang akan membuat BBM for Android akan langsung begitu saja berjalan dengan sukses pada tablet.

Hal ini dikarenakan Blackberry tidak membuat aplikasi BBM ini untuk dapat digunakan pada perangkat selain smartphone. Meskipun dari pihak Blackberry sendiri tidak menyatakan bahwa mereka tidak menutup kemungkinan untuk mengembangkan aplikasi BBM ini untuk perangkat selain smartphone, tampaknya kita tidak bisa hanya menunggu tanpa kepastian akan kapan hadirnya aplikasi BBM yang juga diperuntukkan bagi tablet.

Sejauh ini persyaratan untuk perangkat smartphone supaya dapat menjalankan aplikasi BBM lintas adalahmenggunakan sistem operasi ICS atau Android 4.0 ke atas untuk perangkat smartphone Android dan menggunakan sistem operasi iOS 6 ke atas untuk perangkat iPhone. Kedua hal di tersebut adalah kunci utama agar perangkat smartphone kita dapat menjalankan aplikasi BBM lintas platform ini. Bagi para pengguna tablet atau perangkat lain yang belum bisa menggunakan aplikasi ini mungkin harus lebih lama bersabar karena Blackberry sendiri tampaknya akan memiliki segudang pekerjaan rumah yang harus diselesaikan


Demikian penjelasan dari saya yang saya buat berdasarkan hasil dari karya-karya orang lain yang kemudian saya rangkum dan saya tampilkan di blog ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar