Rabu, 02 Januari 2013

Create, Alter dan Drop Database


SQL (Structured Query Language) merupakan suatu bahasa yang digunakan untuk mengakses database. Hampir semua software database mengerti bahasa SQL. Oleh karenanya perintah SQL antara software database yang satu dengan lainnya kurang lebih hampir sama.

Jenis-jenis perintah dalam SQl itu sendiri dibagi menjadi tiga:
  • DDL (Data Definition Language)
  • DML (Data Manipulation Language)
  • DCL (Data Control Language)
DDL (Data Denifition Language) merupakan jenis perintah SQL yang berhubungan
dengan pendefinisian objek dalam suatu database atau database itu sendiri. Terdapat 3 perintah dasar dalam statement DDL ini, yaitu CREATE, ALTER, dan DROP.

DML (Data Manipulation Language) merupakan jenis perintah SQL yang berhubungan dengan manipulasi data dan record pada suatu database. Perintah dasar dalam DML antara lain SELECT, INSERT, UPDATE, DELETE, dan lain sebagainya.

DCL (Data Control Language) merupakan jenis perintah SQL yang berhubungan dengan keamanan atau security suatu database. Contoh perintah dasar DCL adalah GRANT dan REVOKE.

Dari sekian banyak pilihan software database, salah satu yang sering menjadi andalan para webmaster adalah MySQL. Karena selain freeware, MySQL juga cocok digunakan untuk orang yang baru belajar dunia per-database-an seperti saya.

Jenis perintah MySQL pun dibagi menjadi tiga, yaitu DDL, DML, DCL. Kita akan bahas satu-persatu mulai dari DDL. Salah satu statement DDL yang sudah pasti digunakan adalah CREATE, ALTER, dan DROP DATABASE.
CREATE DATABASE
Bentuk Umum CREATE DATABASE:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar