GRAF & ANALISIS ALGORITMA
Graf adalah cabang ilmu yang
mempelajari sifat-sifat graf. Secara informal, suatu graf adalah himpunan
benda-benda yang disebut verteks (atau node) yang terhubung oleh edge-edge (atau
arc). Biasanya graf digambarkan sebagai kumpulan titik-titik (melambangkan
verteks) yang dihubungkan oleh garis-garis (melambangkan edge).
Banyak sekali struktur yang bisa
direpresentasikan dengan graf, dan banyak masalah yang bisa diselesaikan dengan
bantuan graf. Jaringan persahabatan pada Friendster bisa direpresentasikan
dengan graf: verteks-verteksnya adalah para pemakai Friendster dan ada edge
antara A dan B jika dan hanya jika A berteman dengan B. Perkembangan algoritma
untuk menangani graf akan berdampak besar bagi ilmu komputer.
Sebuah struktur graf bisa
dikembangkan dengan memberi bobot pada tiap edge. Graf berbobot dapat digunakan
untuk melambangkan banyak konsep berbeda. Sebagai contoh jika suatu graf
melambangkan jaringan jalan maka bobotnya bisa berarti panjang jalan maupun
batas kecepatan tertinggi pada jalan tertentu. Ekstensi lain pada graf adalah
dengan membuat edgenya berarah, yang secara teknis disebut graf berarah atau
digraf (directed graph). Digraf dengan edge berbobot disebut jaringan.
Jaringan banyak digunakan pada
cabang praktis teori graf yaitu analisis jaringan. Perlu dicatat bahwa pada
analisis jaringan, definisi kata “jaringan” bisa berbeda, dan sering berarti
graf sederhana (tanpa bobot dan arah).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar